FORM
ANALISA JABATAN
A.
|
Utama
|
||
Nama Jabatan
|
:
|
Guru kelas
|
|
Ikhtisar jabatan
(
ringkasan dari Tupoksi )
|
:
|
Membuat RPP,Melaksanakan KBM, Menyelesaikan
Administrasi Kelas
|
|
Uraian Jabatan
(
beradasarkan tupoksi )
|
:
|
- Menyusun kurikulum pembelajaran pada satuan
pendidikan
- Menyusun silabus pembelajaran
- Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
- Melaksanakan kegiatan pembelajaran
- Menyusun alat ukur / soal sesuai mata
pelajaran
- Menilai
dan mengevaluasi proses dan hasil belajar pada mata pelajaran di kelasnya
- Menganalisis hasil penilaian pembelajaran
-
melaksanakan
pembelajaran/perbaikan dan pengayaan dengan
memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi
- melaksanakan pengembangan diri
|
|
Tanggung Jawab
|
:
|
- Kelancaran
KBM di Kelas
- Membentu Kelancaran dalam Pelaksanaan PSB
- Kelancaran dalam penyelesaian Administrasi
Kelas
- Kelengkapan Bekas-berkas Inventaris Kelas
|
|
Wewenang
|
:
|
- Menetapkan Pembagian Tugas Piket Kelas
- Memberi penilaian Kinerja Siswa
- Memberi Bimbingan pada Siswa
-
|
|
Butir Informasi Lain
|
:
|
.............................
|
|
B.
|
Bahan Kerja
|
||
Bahan Kerja
|
:
|
Perundang-undangan, peraturan –peraturan
dan kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah
|
|
Penggunaan Dalam Tugas
|
:
|
Sebagai
dasar untuk melaksanakan tugas di
Bidang Pendidikan dan untuk Memajukan Pendidikan Nasional
|
|
C.
|
Perangkat / Alat Kerja
|
||
Perangkat / Alat Kerja
|
:
|
Kurikulum, Silabus,RPP,Alat peraga, Buku Pelajaran
|
|
Digunakan untuk Tugas
|
:
|
Sebagai
Pelaksanaan Tugas Guru
kelas dalam Kegiatan Belajar Mengajar
|
|
D.
|
Hasil kerja
|
||
Hasil
Kerja
|
:
|
- Terlaksananya KBM yang baik
- Terciptanya keharmonisan antar siswa di kelas
- Menghasilkan Lulusan yang sesuai dengan
VISI dan MISI sekolah
- Terjaganya Kerjasama antara Guru dan Wali
Murid dalam Memberikan
Bimbingan Belajar pada Peserta Didik |
|
Satuan
Hasil
|
:
|
Kelas yang Aman, Nyaman, Tentram dan Bersahaja
|
|
E.
|
Korelasi
|
||
Jabatan
|
:
|
Guru
|
|
Unit
Kerja / Instansi
|
:
|
SD Negeri ………………….. / Dinas Pendidikan Kab. ………..
|
|
Dalam
Hal
|
:
|
Koordinasi.
|
F.
Kondisi Lingkungan Kerja ( diconteng
yang sesuai )
Tempat Kerja : □√ Dalam
Ruangan
□ Luar Ruangan
Suhu
: □√ Dingin
□ Panas
Udara :
□√ Sejuk
□ Kering
Keadaan
Ruangan :
□ Baik □√
Cukup
□ Tidak Baik
Letak :
□√
Strategis
□ Tidak Strategis
Penerangan
: □√
Terang □
Redup
□ Gelap
Suara :
□√
Tenang
□ Bising
Keadaan
Tempat :
□√ Bersih & rapi □ Tidak
Teratur
Getaran :
□
Ada
□√ Tidak Ada
G.
|
Resiko
Bahaya
|
||
Fisik /
Mental
|
:
|
Tidak
ada
|
|
Penyebab
|
:
|
Tidak
ada
|
H. Syarat
Jabatan
• Form Syarat Jabatan
Pangkat / Golongan : Penata Muda, III/a
Pendidikan
: S 1 PGSD
• Kursus /
Diklat
Penjejangan : □ Sepada
□ Sepala/Adum/Diklat PIM Tk.
IV
Penjejangan
□ Sepadya/Spama/Diklat
PIM Tk. III
□ pamen/Sespa/Sespanas/Diklat
PIM Tk. II
Penjejangan
□ Sepati
Diklat PIM Tk. I
□√ Prajabatan
Penjejangan
□ KRA/KSA
Lemhanas
• Teknis
: Diklat Penulisan Karya Ilmiah
• Pengalaman Kerja : .............................
• Pengetahuan Kerja
: .............................
• Keterampilan Kerja
: Mengajar dan Memberikan Bimbingan kepada
Peserta Didik
• Bakat Kerja (
dicontreng yang sesuai )
ü
|
G,
|
Intelegensia
|
Kemampuan
belajar secara umum.
|
ü
|
V,
|
Bakat
Verbal
|
Kemampuan
untuk memahami arti kata-kata dan penggunaannya secara tepat dan efektif.
|
ü
|
N,
|
Bakat
Numerik
|
Kemampuan
untuk melakukan operasi arithmatik secara tepat dan akurat.
|
□
|
S,
|
Bakat
pandang ruang
|
Kemampuan
berpikir secara visual mengenai bentuk-bentuk geometris, untuk memahami
gambar-gambar dari benda-benda tiga dimensi.
|
ü
|
P,
|
Bakat
perapan bentuk
|
Kemampuan
menyerap perincian-perincian yang berkaitan dalam objek atau dalam gambar
atau dalam bahan grafik.
|
ü
|
Q,
|
Bakat
Ketelitian
|
Kemampuan
menyerap perincian yang berkaitan dalam bahan verbal atau dalam tabel.
|
ü
|
K,
|
Koordinasi
Motorik
|
Kemampuan
untuk mengkoordinir mata dan tangan secara cepat dan cermat dalam membuat
gerakan yang cepat.
|
ü
|
F,
|
Kecekatan
Jari
|
Kemampuan
menggerakkan jari-jemari dengan mudah dan perlu keterampilan.
|
ü
|
E,
|
Koordinasi
Mata,Tangan,Kaki
|
Kemampuan
menggerakkan tangan dan kaki secara koordinatif satu sama lain sesuai dengan
rangsangan penglihatan.
|
ü
|
C,
|
Kemampuan
membedakan warna
|
Kemampuan
memadukan atau membedakan berbagai warna yang asli, yang gemerlapan.
|
ü
|
M,
|
Kecekatan
Tangan
|
Kemampuan
menggerakkan tangan dengan mudah dan penuh keterampilan.
|
•
Temperamen Kerja
ü
|
D,
|
Directing – Control, Planning (DCP)
|
Kemampuan
menyesuaikan diri menerima tanggung jawab untuk kegiatan memimpin,
mengendalikan atau merencanakan.
|
ü
|
F,
|
Feeling – idea – Fact (FIF)
|
Kemampuan
menyesuaikan diri dengan kegiatan yang mengandung penafsiran perasaan,
gagasan atau fakta dari sudut pandangan pribadi.
|
ü
|
I,
|
Influencing (INFLU)
|
Kemampuan
menyesuaikan diri untuk pekerjaan - pekerjaan mempengaruhi orang lain dalam
pendapat, sikap atau pertimbangan mengenai gagasan.
|
ü
|
J,
|
Sensory
& Judgmental Creteria (SJC)
|
Kemampuan
menyesuaikan diri pada kegiatan perbuatan kesimpulan penilaian atau pembuatan
peraturan berdasarkan kriteria rangsangan indera atau atas dasar pertimbangan
pribadi.
|
□
|
M,
|
Measurable and Verifiable Creteria (MUC)
|
Kemampuan
menyesuaikan diri dengan kegiatan pengambilan peraturan, pembuatan
pertimbangan, atau pembuatan peraturan berdasarkan kriteria yang diukur atau
yang dapat diuji.
|
ü
|
P,
|
Dealing With People (DEPL)
|
Kemampuan
menyesuaikan diri dalam berhubungan dengan orang lain lebih dari hanya
penerimaan dan pembuatan instruksi.
|
ü
|
R,
|
Repetitive and Continuous (REPCON)
|
Kemampuan
menyesuaikan diri dalam kegiatan-kegiatan yang berulang, atau secara terus
menerus melakukan kegiatan yang sama, sesuai dengan perangkat prosedur,
urutan atau kecepatan yang tertentu.
|
□
|
S,
|
Performing under stress (PUS)
|
Kemampuan
menyesuaikan diri untuk bekerja dengan ketegangan jiwa jika berhadapan dengan
keadaan darurat, kritis, tidak biasa atau bahaya, atau bekerja dengan
kecepatan kerja dan perhatian terus menerus merupakan keseluruhan atau
sebagian aspek pekerjaan.
|
ü
|
T,
|
Set Of Limits, Tolerance and other standart
(STS)
|
Kemampuan
menyesuaikan diri dengan situasi yang menghendaki pencapaian dengan tepat
menurut perangkat batas, toleransi atau standar-standar tertentu.
|
□
|
V,
|
Variety and Changing Conditions (VARCH)
|
Kemampuan
menyesuaikan diri untuk melaksanakan berbagai tugas, sering berganti dari
tugas yang satu ke tugas yang lainnya yang "berbeda" sifatnya,
tanpa kehilangan efisiensi atau ketenangan diri.
|
• Minat Kerja(
dicontreng yang sesuai )
□
|
1a.
|
Pilihan
melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan benda-benda dan
obyek-obyek.
|
□
|
1b.
|
Pilihan
melakukan kegiatan yang berhubungan dengan komunikasi data.
|
□
|
2a.
|
Pilihan
melakukan kegiatan yang berhubungan dengan orang dalam niaga.
|
□
|
2b.
|
Pilihan
melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat ilmiah dan teknik.
|
ü
|
3a.
|
Pilihan
melakukan kegiatan-kegiatan rutin, konkrit & teratur.
|
□
|
3b.
|
Pilihan
melakukan kegiatan yang bersifat abstrak dan kreatif.
|
ü
|
4a.
|
Pilihan
melakukan kegiatan-kegiatan yang dianggap baik bagi orang lain.
|
□
|
4b.
|
Pilihan
melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan mesin dan teknik.
|
□
|
5a.
|
Pilihan
melakukan kegiatan yang menghasil-kan penghargaan dari pihak orang lain.
|
□
|
5b.
|
Pilihan
melakukan kegiatan yang menghasil-kan kepuasan nyata dan dengan proses.
|
• Upaya Kerja(
dicontreng yang sesuai )
ü
|
Berdiri
|
Berada
di suatu tern pat dalam posisi tegak ditempat tanpa pindah ke tempat lain.
|
ü
|
Berjalan
|
Bergerak
dengan jalan kaki.
|
ü
|
Duduk
|
Berada
dalam suatu tempat dalam posisi duduk biasa.
|
□
|
Mengangkat
|
Menaikkan
atau menurunkan benda di satu tingkat ke tingkat lain (termasuk menarik ke
atas).
|
□
|
Membawa
|
Memindahkan
benda, umumnya dengan menggunakan tang an, lengan atau bahu.
|
□
|
Mendorong
|
Menggunakan
tenaga untuk memindahkan benda menjauhi badan.
|
□
|
Menarik
|
Menggunakan
tenaga untuk memindahkan suatu benda ke arah badan (termasuk menyentak atau
merenggut).
|
□
|
Memanjat
|
Naik
atau turun tangga, tiang, lorong dan Iain-Iain dengan menggunakan kaki,
tangan, dan kaki.
|
□
|
Menyimpan
imbangan /
Mengatur
imbangan
|
Agar
tidak jatuh badan waktu berjalan, berdiri, membungkuk, atau beiiari di atas
tempat yang agak sempit, licin dan tinggi tanpa alat pegangan, atau mengatur
imbangan pada waktu melakukan olah raga senam.
|
□
|
Menunduk
|
Melengkungkan
tubuh dengan cara melekukkan tulang punggung dan kaki.
|
□
|
Berlutut
|
Melengkungkan
paha kaki pada lutut dan berdiam di suatu tempat dengan tubuh diatas lutut.
|
□
|
Membungkuk
|
Melengkungkan
tubuh dengan cara melengkungkan tulang punggung sampai kira-kira sejajar
dengan pinggang.
|
□
|
Merangkak
|
Bergerak
dengan menggunakan tangan dan lutut atau kaki dan tangan.
|
□
|
Menjangkau
|
Mengulurkan
tangan dan lengan ke jurusan tertentu.
|
□
|
Memegang
|
Dengan
satu atau dua tangan mengukur, menggenggam, memutar dan lain sebagainya.
|
□
|
Bekerja
dengan jari
|
Memungut,
menjepit, menekan dan lain sebagainya dengan menggunakan jari (berbeda dengan
"memegang" yang terutama menggunakan seluruh bagian tangan).
|
□
|
Meraba
|
Menyentuh
dengan jari atau telapak tangan untuk mengetahui sifat-sifat benda seperti,
suhu, bentuk.
|
ü
|
Berbicara
|
Menyatakan
atau bertukar pikiran secara lisan agar dapat dipahami.
|
ü
|
Mendengar
|
Menggunakan
telinga untuk mengetahui adanya suara.
|
ü
|
Melihat
|
Usaha
mengetahui dengan menggunakan mata.
|
□
|
Ketajaman
jarak jauh
|
Kejelasan
penglihatan dalam jarak lebih dari 5 meter.
|
ü
|
Ketajaman
jarak dekat
|
Kejelasan
penglihatan kejelasan dalam jarak kurang dari 5 meter.
|
□
|
Pengamatan
secara
Mendalam
|
Penglihatan
dalam 3 dimensi, untuk menetapkan hubungan antara jarak, ruang serta cara
melihat benda dimana benda tersebut berada dan sebagaimana adanya.
|
□
|
Penyesuaian
Lensa mata
|
Penyesuaian
lensa mata untuk melihat suatu benda yang sangat penting bila melaksanakan
pekerjaan yang perlu dengan melihat benda-benda dalam jarak dan arah yang
berbeda.
|
ü
|
Melihat
berbagai warna
|
Membedakan
warna yang terdapat dalam pekerjaan.
|
□
|
Luas
|
Melihat
suatu daerah pandang, ke atas dan ke bawah pandang atau ke kanan atau ke kiri
sedang mata tetap berada di titik tertentu.
|
• Kondisi Fisik
Jenis kelamin : ü Pria
□ Wanita
□ Pria/Wanita
Umur (Tahun) : 34 Tahun
Tinggi Badan
(cm) : 165 cm
Berat Badan (kg) : 60 kg.
Postur : ...........................
• Penampilan : .............................
• Fungsi
Jabatan
□
|
B0,
Memasang Mesin
|
Menyesuaikan
mesin untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu dengan memasang, mengubah
komponen-komponennya atau memperbaiki mesin menurut standar.
|
□
|
B1,
Mengerjakan persisi
|
Menggunakan
anggota badan atau perkakas untuk mengerjakan, memindahkan, menga-rahkan atau
menempatkan obyek secara tepat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan
dengan toleransi yang kecil.
|
□
|
B2,
Menjalankan-mengontrol mesin
|
Menghidupkan,
menyetel, mengatur kerja dan menghentikan mesin serta mengamati berbagai alat
petunjuk pada mesin.
|
□
|
B3,
Mengemudikan/menjalankan mesin
|
Menghidupkan,
menghentikan, mengatur jalan mesin atau peralatan yang arahnya harus
dikemudikan untuk memproses atau memindahkan benda atau orang. Dalam fungsi
ini mesin sifatnya bergerak atau berjalan.
|
□
|
B4,
Mengerjakan benda dengan tangan atau perkakas
|
Menggunakan
anggota badan, seperangkat alat perkakas tangan atau alat-alat khusus untuk
mengerjakan, menggerakkan, menga-rahkan atau menempatkan benda.
|
□
|
B5,
Melayani mesin
|
Menghidupkan,
menghentikan dan mengamati kerja mesin beserta peralatannya.
|
□
|
B6,
Memasukkan, mengeluarkan barang ke/dari mesin
|
Menyisipkan,
memasukan, mencelupkan atau menempatkan bahan ke dalam atau memindahkan dari
mesin, atau dari peralatan otomatis, atau yang dilayani, atau yang
dioperasikan oleh karyawan- karyawan lainnya.
|
□
|
B7,
Memegang
|
Menggunakan
anggota badan, perkakas tangan atau alat khusus lain dalam mengerjakan,
memindahkan atau membawa benda.
|
□
|
D0,
Memadukan data
|
Menyatukan
atau memadukan hasil analisis data untuk menemukan fakta menyusun karangan
atau mengembangkan konsep, pengetahuan, interprestasi, menciptakan gagasan
dengan menggunakan imajinasi.
|
□
|
D1,
Mengkoordinasi data
|
Menentukan
waktu, tempat atau urutan operasi yang akan dilaksanakan atau tindakan yang
harus diambil berdasarkan hasil analisa data, melaksanakan ketentuan atau
melaporkan kejadian dengan cara menghubung-hubungkan mencari kaitan sella
membandingkan data setelah data tersebut dianalisa.
|
□
|
D2,
Menganalisis data
|
Mempelajari,
mengurangi, merinci dan menilai data untuk mendapatkan kejelasan, atau
menyajikan tindakan alternatif.
|
□
|
D3,
Menyusun data
|
Mengerjakan,
Menghimpun atau mengelompokkan tentang data, orang atau benda.
|
□
|
D4,
Menghitung data
|
Mengerjakan
perhitungan aritmatika, (tambah, kurang, bagi mencacah tidak termasuk dalam
|
□
|
D5,
Menyalin data
|
Menyalin,
mencatat atau memindahkan data
|
□
|
D6,
Membandingkan data
|
Mengidentifikasikan
persamaan atau perbedaan sifat - sifat data, orang atau benda yang dapat
diamati secara langsung, serta secara fisik, dan sedikit sekali memerlukan
upaya mental.
|
ü
|
O0,
Menasehati
|
Memberi
bimbingan, saran, konsultasi atau nasehat kepada perorangan atau instansi
dalam pemecahan masalah berdasarkan disiplin ilmu, spiritual, atau prinsip -
prinsip keahlian lainnya.
|
ü
|
O1,
Berunding
|
Menyelesaikan
masalah tukar menukar dan beradu pendapat, argumen, gagasan, dengan pihak
lain membuat keputusan.
|
ü
|
O2,
Mengajar
|
Melatih
orang lain dengan memberikan penjelasan, peragaan, bimbingan teknis, atau
memberikan rekomendasi atas dasar disiplin yang bersifat teknis.
|
□
|
O3,
Menyelia
|
Menentukan
atau menafsirkan prosedur ker-ja, membagi tugas, menciptakan dan meme-lihara
hubungan yang harmonis diantara bawahan dan meningkatkan efisiensi.
|
□
|
O4,
Menghibur
|
Menghibur
orang lain, biasanya menggu-nakan media panggung, film, televisi dan radio.
|
ü
|
O5,
Mempengaruhi
|
Mempengaruhi
orang lain untuk memperoleh keuntungan dalam benda, jasa atau pendapat.
|
ü
|
O6,
Berbicara-memberi tanda
|
Berbicara
atau memberi tanda kepada orang lain untuk meminta, memberi informasi atau
untuk mendapatkan tanggapan atau reaksi yang sifatnya tidak konseptual.
|
□
|
O7,
Melayani orang
|
Memenuhi
kebutuhan atau permintaan orang lain atau hewan, baik yang dinyatakan atau
yang tidak langsung dinyatakan tetap harus dilaksanakan menurut ketentuan.
Fungsi ini diperlukan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk
melaksana-kannya.
|
ü
|
O8,
Menerima instruksi
|
Membantu
melaksanakan kerja berdasarkan perintah atasan yang tidak memerlukan
tanggapan.
|
I.
Prestasi
Hasil Kerja : .............................
Jumlah Satuan : .............................
Waktu yang diperlukan
: .............................
…………………………………………………………………………………………………………..
DST
Posting Komentar