FORMULIR INFORMASI JABATAN
1. Nama Jabatan : Guru Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia SMA Negeri ………
2. Kode Jabatan :
3. Unit Organisasi : SMA Negeri
4. Eselon
I :
5. Eselon
II :
- Badan Kepegawaian Daerah
-
Bidang Administrasi Kepegawaian
6. Eselon
III : Kabid
Dikmenti Dikbud Provinsi ,………………………….
Eselon
IV : Kepala
SMAN ………………………
7.
Kedudukan Dalam Struktur Organisasi :
(Tulis jabatan Saudara dengan diberi warna berbeda dan dilengkapi dengan 2 (dua) jabatan di atasnya dan serta jabatan-jabatan yang setara)
8. Ikhtisar
Jabatan :
Mengajar, mendidik, membuat perencanaan pengajaran, melaksanakan pengajaran, melakukan penilaian, melaksanakan kegiatan remedial dan pengayaan, membuat administrasi berhubungan dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, remedial, dan pengayaan untuk peserta didik, serta mengerjakan tugas lain yang diberikan atasan dan melakukan pengembangan profesi, sesuai bunyi tujuan pendidikan nasional.
9. Uraian
Tugas :
a. Merencanakan
pembelajaran/ program pengajaran (berpedoman kepada kurikulum
yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan)
Tahapan :
1) Menghitung minggu efektif
2) Membuat Program Tahunan (Prota)
3) Menyusun Program Semester (Prosem)
4) Menganalisis Kompetensi
Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
5) Menetapkan Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) mata pelajaran
6) Mengembangkan silabus
7) Menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
8) Mengembangkan materi/ bahan ajar
9) Membuat media pembelajaran
10) Mempelajari
dan memahami model pembelajaran
11) Merancang program penilaian
12) Merancang program remedial
13) Merancang program pengayaan
14) Mengembangkan pembelajaran tatap muka, penugasan
terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
b. Mengajar Peserta Didik
Tahapan :
1) Menyampaikan materi pembelajaran dengan
pola PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inisiatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)
2) Menerapkan teori dan model pembelajaran
3) Mengatur pengelolaan kelas, dengan
tahapan sebagai berikut.
a) Kegiatan awal (memotivasi peserta didik dan
melakukan apersepsi)
b) Kegiatan inti (mengamati, menanya,
menganalisis, mencoba, dan mengomunikasikan)
c) Kegiatan penutup yaikni menyimpulkan
hasil Proses Belajar Mengajar(PBM)
d) Kegiatan post tes
e) Memberikan tugas pendalaman materi kepada
peserta didik bila diperlukan
4) Membantu peserta didik memahami materi
pembelajaran
5) Memeriksa tugas mandiri dan tak terstruktur
6) Menetapkan tata tertib peserta didik
7) Mengawasi perilaku peserta didik
c. Menilai Peserta Didik
Tahapan :
1) Menyusun kisi-kisi soal
2) Menyusun soal ulangan/ semester
3) Memeriksa hasil ulangan/ semester
4) Melakukan analisis soal ulangan/ semester
5) Menganalisis hasil ulangan
6) Membuat laporan hasil penilaian
7) Merancang pembelajaran pengayaan dan remedial
d. Pengembangan Profesi Guru
Tahapan :
1) Mengikuti pelatihan pengembangan profesi
2) Mengikuti workshop
3) Mengikuti seminar/ diskusi
4) Mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI)
5) Menulis artikel di media cetak
6) Membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
7) Mengirim hasil karya sastra (cerpen, puisi) di
media cetak
8) Mengikuti Lomba Guru Berprestasi baik tingkat
kota, provinsi, atau nasional bahkan internasional
9) Melanjutkan studi ke program S2 (Pascasarjana)
e. Mengadministrasikan Kegiatan Pembelajaran
1) Merekapitulasi data siswa dan orang tua
2) Mengabsen tingkat kehadiran peserta
didik di kelas
3) Menabulasikan data hasil belajar
4) Mendokumentasikan dan melaporkan hasil
belajar
f. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan atasan (Kepala
Sekolah dan Dinas Pendidikan) sepanjang menyangkut bidang tugas agar
aktivitas berjalan dengan tertib dan lancar, sesuai
dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) guru, yaitu
sebagai guru pengajar, wali kelas, guru piket dan guru pembina.
Tahapan :
1) Menerima instruksi pimpinan
2) Melaksanakan tugas sesuai dengan instruksi
3) Membuat laporan
10. Bahan
Kerja :
No.
|
Bahan Kerja
|
Penggunaan Dalam Tugas
|
1.
|
Kurikulum 2013
|
Pedoman penyusunan
rencana, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran
|
2.
|
Materi/ Bahan ajar
|
Bahan ajar yang
diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran
|
3.
|
SKL mata pelajaran dari Pusat
|
Menyusun Analisis SK
dan KD yang akan dikembangkan dalam silabus dan Rencana Program Pembelajaran
(RPP)
|
4.
|
Buku pegangan guru dan siswa
|
Pedoman membuat
Rencana Program Pembelajaran (RPP)
|
5.
|
Kalender pendidikan
|
Menghitung minggu
efektif dan non efektif dalam satu tahun pelajaran.
|
6.
|
Rencana kerja
sekolah
|
Menyusun rencana
kegiatan sekolah
|
7.
|
Instruksi pimpinan
|
Arahan dalam bekerja
|
11. Perangkat/ Alat
Kerja :
No.
|
Perangkat Kerja
|
Digunakan Untuk Tugas
|
1.
|
UU RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
|
Pedoman pelaksanaan
tugas guru
|
2.
|
UU RI Nomor 20 Pasal
1 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
|
Aturan dalam pelaksanaan
pendidikan
|
3.
|
Permendiknas Nomor
32 tahun 2013 tentang Perubahan atas Permen No. 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan
|
Pedoman pelaksanaan
tugas
|
4.
|
Permendiknas No.65
Tahun 2013 tentang Standar Proses
|
Pedoman pelaksanaan
tugas
|
5.
|
Permendiknas Nomor
23 tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 48 tahun 2008
|
Pedoman penetapan
SKL
|
6.
|
Permendiknas Nomor
16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
|
Pedoman pelaksanaan
tugas
|
7.
|
Permendiknas Nomor 27 tahun 2007
|
Pedoman penetapan
standar penilainan
|
8.
|
Permendiknas Nomor
41 tahun 2007 tentang Standar Proses
|
Pedoman penetapan
standar proses
|
9.
|
Permendagri Nomor 38
tahun 2007 tentang Pembagian Wewenang antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi,
dan Pemerintah Daerah Kabupaten
|
Pedoman pelaksanaan
tugas
|
10.
|
Permendiknas Nomor
47 tahun 2008
|
Pedoman Standar Isi
|
11.
|
Permenpan Nomor
16 tahun 2012
|
Pedoman tentang
jabatan fungsional guru
|
12.
|
SK Kepala Sekolah
|
Tentang fungsi dan
pembagian tugas mengajar dan tugas tambahan guru
|
13.
|
Sarana dan prasarana
(mobilersekolah, laptop, LCD, alat peraga/ media)
|
Sarana dan alat
bantu proses pembelajaran
|
14.
|
Program kerja
sekolah
|
Menyusun rencana
kerja
|
12. Hasil
Kerja :
No.
|
Hasil Kerja 1)
|
Satuan Hasil 2)
|
1.
|
Hasil analisis
konteks perencanaan pembelajaran (rincian minggu efektif, prota, prosem,
analisis KI dan KD, KKM, silabus, RPP, bahan/ materi ajar, media
pembelajaran, dan instrumen tes)
|
Perangkat rencana
pembelajaran
|
2.
|
Terciptanya proses
pembelajaran yang efektif dan efisien (mempelajari/ memahami model-model
inovatif pembelajaran)
|
- Kelas yang kondusif
- Pembelajaran yang aktif,
kreatif, efektif, dan menyenangkan (Pakem)
- Hasil belajar yang memuaskan
|
3.
|
Penilaian yang
objektif (menyusun kisi-kisi soal, ulangan/ semester, analisis soal ulangan/
semester, analisis hasil ulangan, membuat laporan hasil penilaian, merancang
pembelajaran pengayaan dan remedial
|
Dokumen hasil
penilaian
|
4.
|
Terperiksanya tugas peserta
didik yang meliputi tugas individu atau kelompok
|
Tugas yang
terperiksa dan daftar nilai tugas peserta didik, baik tugas pribadi maupun
tugas kelompok
|
5.
|
Terlaksananya Ujian
Harian dan Ujian Semester peserta didik
|
Daftar nilai hasil
Ujian Harian (UH) dan Ujian Semester (US)
|
6.
|
Terlaksananya remidial
teaching
|
Program dan
pelaksanaanremidial teaching
|
7.
|
Terlaksananya
pengayaan
|
Program dan
pelaksanaan pengayaan
|
8.
|
Ikut serta dalam
pengabdian masyarakat dan profesi
|
Ikut serta dalam
pengabdian masyarakat dan profesi
|
9.
|
Tersusunnya
pengadmistrasian hasil belajar
|
Arsip penilaian/
dokumen administrasi hasil belajar
|
10.
|
Pelaksanaan
pengembangan profesi (melanjutkan studi S2/ Pascasarjana)
|
Guru yang
profesional
|
Keterangan:
1) Hasil Kerja : Tulis Hasil Kerja sesuai dengan
uraian tugas
2) Tulis Satuan Hasil kerja seperti: dokumen,
kegiatan,dll.
13. TANGGUNG JAWAB :
a. Menyusun rencana pembelajaran
b. Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan
efisien
c. Mengelola kelas yang kondusif
d. Melaksanakan penilaian hasil belajar/
evaluasi proses yang objektif
e. Membuat laporan hasil belajar
f. Melaksanakan bimbingan untuk pengembangan diri
siswa
g. Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan
kepala sekolah
h. Melaksanakan tugas yang diberikan atasan dari
instansi vertikal
14. WEWENANG :
a. Memilih dan menentukan model, pendekatan, dan
metode pembelajaran
b. Memilih dan menentukan materi/ bahan ajar dan
media pembelajaran
c. Menetapkan jenis dan hasil evaluasi/ penilaian
objektif
d. Melaksanakan pembelajaran pengayaan dan
remedial
e. Melaksanakan tindakan tegas mendidik
f. Melakukan penelitian pendidikan/ Penelitian
Tindakan Kelas (PTK)
g. Menetapkan aturan atau tata tertib kelas
h. Memberikan penghargaan (reward) dan
hukuman (punishment)
15. KORELASI
JABATAN :
No.
|
Jabatan
|
Unit Kerja/ Instansi
|
Dalam Hal
|
1.
|
Kabid.
Adm.Kepegawaian
|
- BKN Cabang Riau
- BKD Provinsi Riau
|
Konsultasi
dan arahan
|
2.
|
Kepala Dinas
|
Dinas
PendidikanProvinsi Riau
|
Urusan administrasi
danarahan
|
3.
|
Kabid Dikmenti
|
Dinas
PendidikanProvinsi Riau
|
Koordinasi dan
pembinaan
|
4.
|
Kepala Sekolah
|
SMAN Plus Provinsi
Riau
|
Konsultasi
dan arahan
|
5.
|
Wakil Kepala Sekolah
|
SMAN Plus Provinsi
Riau
|
Konsultasi
dan arahan
|
6.
|
Kepala Tata Usaha
|
SMAN Plus Provinsi
Riau
|
Konsultasi
dan arahan
|
7.
|
Anggota Musyawarah
Guru Mata Pelajaran (MGMP)
|
SMA Se-Kota
Pekanbaru
|
Kerjasama
(kooperatif)
|
8.
|
Ikatan Guru Sejenis
(IGS)
|
SMAN Plus Provinsi
Riau
|
Kerjasama
(kooperatif)
|
16. KONDISI
LINGKUNGAN KERJA :
No.
|
Aspek
|
Faktor
|
1.
|
Tempat kerja
|
Dalam ruangan
|
2.
|
Suhu
|
Dingin dengan
perubahan (27o- 30o celcius)
|
3.
|
Udara
|
Bersih dan segar
|
4.
|
Keadaan ruangan
|
- Cukup bersih
- Lega dan leluasa
|
5.
|
Letak
|
- Daerah datar
- Di area tempat tinggal penduduk
|
6.
|
Penerangan
|
Terang
|
7.
|
Suara
|
Tenang/ Tidak bising
|
8.
|
Keadaan tempat kerja
|
Bersih dan nyaman
|
9.
|
Getaran
|
Tidak ada
|
17. RESIKO
BAHAYA :
No.
|
Fisik / Mental
|
Penyebab
|
1.
|
Kejenuhan/ Kebosanan
|
Aktivitas
rutinitas dan kurangnya penyegaran (refresing)
|
2.
|
Depresi
|
Jika iklim kerja
tidak kondusif dan tak adanya keharmonisan sesama rekan kerja
|
3.
|
Kerusakan Mata
|
Sering menggunakan
LCD dan Laptop
|
18. SYARAT JABATAN :
1) Pangkat/
Gol. Ruang : Guru Pertama/ III.b
2) Pendidikan : - Sarjana
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Riau (S1)/ Akta IV
- Sedang melanjutkan studi
S2 Konsentrasi PendidikanBahasa Indonesia, Program Studi Pendidikan
Bahasa,Program Pascasarjana, Universitas Negeri Padang (UNP)
3) Kursus/ Diklat
1) Penjenjangan : Diklat Guru Bahasa Indonesia
2) Teknis : Latihan
Prajabatan (LPj)
4) Pengalaman
kerja : 12 tahun 9
bulan
5) Pengetahuan
kerja : - Ilmu Keguruan
dan Kependidikan
- Ilmu mata pelajaran yang
diampu
6) Keterampilan
kerja : a. Kompetensi
pedagogik
b. Kompetensi androgogik
c. Kompetensi profesionalisme
d. Kepribadian sosial
7) Bakat Kerja :
1) G
(Inteligensi)
Kemampuan
belajar secara umum.
2) V (Bakat Verbal/ Verbal Aptitude)
Kemampuan
untuk memahami arti kata-kata dan penggunaannya
secara
tepat dan efektif.
3) N (Numerik/ Numerical Aptitude)
Kemampuan
untuk melakukan operasi arithmatik secara tepat dan akurat.
4) P (Penerapan Bentuk/ Form Perception)
Kemampuan
menyerap perincian-perincian yang berkaitan dalam objek atau dalam gambar atau
dalam bahan grafik.
5) Q (Ketelitian/ Clerical Perception)
Kemampuan
menyerap perincian yang berkaitan dalam bahan verbal atau dalam tabel.
6) K (Kondisi motor/ Motor Coordination)
Kemampuan
untuk mengkoordinir mata dan tangan secara cepat dan cermat dalam membuat
gerakan yang cepat.
7) C (Membedakan warna/ Color
Discrimination)
Kemampuan
memadukan atau membedakan berbagai warna yang asli, yang gemerlapan.
8) Temperamen Kerja :
1) D/ DCP (Direktion, Control, Planning)
Kemampuan
menyesuaikan diri menerima tanggung jawab untuk kegiatan memimpin,
mengendalikan atau merencanakan.
2) F/ FIF (Feeling, Idea, Fact)
Kemampuan
menyesuaikan diri dengan kegiatan yang mengandung penafsiran perasaan, gagasan,
atau fakta dari sudut pandangan pribadi.
3) I/ I (Influ/ Influencing)
Kemampuan
menyesuaikan diri untuk pekerjaan - pekerjaan mempengaruhi orang lain dalam
pendapat, sikap atau pertimbangan mengenai gagasan.
9) Minat
Kerja :
a) I ( Investigatif )
Pekerjaan-pekerjaan
yang memiliki antara lain:
· Melakukan penelitian
· Membutuhkan kemampuan matematis
· Membutuhkan analisis kritis
· Melakukan kegiatan brainstorming (penciptaan
ide/ konsep)
· Penyelesaian masalah-masalah abstrak
· Pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya akademis
· Tugas-tugas ilmiah
· Pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan
ketepatan tinggi
b) S (Sosial)
Pekerjaan-pekerjaan
yang meliputi kegiatan-kegiatan seperti:
· Menjalin hubungan dengan orang lain
· Kegiatan-kegiatan yang sifatnya
sukarela / sosial
· Memiliki tujuan yang sifatnya idealis
· Berhubungan dengan klien/ masyarakat
· Mengajar / berkomunikasi secara intens
· Kegiatan-kegiatan yang berkelompok atau tim
· Aktifitas yang membutuhkan keterampilan
bersosial
· Pekerjaan konsultasi/konseling atau pembinaan
c) C (Konvensional)
Pekerjaan-pekerjaan yang terdiri dari kegiatan-kegiatan antara lain, sebagai berikut:
· Administratif / tugas dasar organisasi
· Mengelola arsip
· Menjalankan sistem atau rutinitas
· Menyusun pembukuan/ akuntansi
· Mengikuti kebijakan atau prosedur
· Kegiatan yang berhubungan dengan angka
· Pelaporan yang rinci
· Jadwal kerja yang ketat dan terstruktur
10) Upaya Fisik :
1) Jenis Upaya :
Fisik : Berdiri, berjalan,
duduk, berbicara, mendengar, dan
melihat.
Frekuensi : Terus
menerus
11) Kondisi
Fisik :
1) Jenis
Kelamin : Pria, sehat
jasmani dan rohani
2) Umur :
40 tahun
3) Tinggi
badan : 175 cm
(normal)
4) Berat badan :
74 kg (ideal)
5) Postur
badan : Ideal
6) Penampilan : Menarik/
Menyenangkan/ Meyakinkan
12) Fungsi Pekerjaan :
1) O.0 (Menasihati)
2) O.2 (Mengajar)
3) O.6
(Berbicara)
4) O.7 (Melayani orang
lain)
5) O.8 (Menerima
instruksi)
19. PRESTASI KERJA YANG DIHARAPKAN
No.
|
Satuan Hasil1)
|
Jumlah Hasil
(Dalam 1 Tahun)
|
Waktu Penyelesaian 2)
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
Dokumen perangkat mengajar/
rencana pembelajaran :
a. Program
Tahunan (Prota)
b. Rincian
Minggu Efektif
c. Program
Semester (Prosem)
d. Kriteria
Ketuntasan Minimal
(KKM)
e. Silabus
f. Rencana PelaksanaanPembelajaran (RPP)
g. Rancangan instrumen
evaluasi
- Kisi-kisi
soal
- Kartu
soal
h. Materi/
Bahan ajar
i. Media/
Alat bantu
Hasil belajar yang
memuaskan
Pelaksanaan
Pembelajaran
Pemeriksaan tugas
peserta didik, baik tugas pribadi maupun tugas kelompok
Pelaksanaan
Penilaian
· Ulangan harian
· Ulangan semester
Program dan
pelaksanaanremidial teaching
Program dan
pelaksanaan pengayaan
Pengembangan Profesi
· Pelatihan
· Penelitian PTK
Dokumen administrasi
hasil
Melaksanakan tugas
sebagai wali kelas (setara 12 x 45 menit/ minggu)
|
1 dokumen
2 dokumen
2 dokumen
2 dokumen
2 dokumen
25 dokumen
2 dokumen
2 dokumen
2 dokumen
-
-
36x12x45 menit
36x10x45 menit
4x2x12x45 menit
2 x 36 x 45 mnt
2 x 36 x 45 mnt
2x48 jam
(6 hari x 8 jam)
4x2x12x45 menit
100 jam
2 x 20 x 45 menit
36x12x45 menit
|
6 jam
4 jam
10 jam
10 jam
30 jam
50 jam
25 jam
25 jam
50 jam
10 jam
10 jam
324 jam
270 jam
72 jam
54 jam
54 jam
96 jam
72 jam
100 jam
30 jam
324 jam
|
Keterangan:
1) Satuan hasil
lihat nomor 9 kolom 2
2) Tulis
waktu penyelesaian untuk setiap hasil kerja dalam satuan waktu menit
20. Butir
Informasi Lain :
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
............................................................................................................................................
………………, 20
Desember 2016
|
||
Mengetahui Atasan Langsung :
|
Yang
Membuat :
|
|
KEPALA SMA NEGERI …….
PROPINSI ……..,
………………………………..
NIP ....................................
|
…………………………..
NIP …………………………….
|
Posting Komentar