Design by: Sanroenzos Tampubolon

DOWNLOAD APLIKASI DAPODIK V 2016 dan PETUNJUK REGISTRASI.

Posting Komentar
Aplikasi yang di tunggu-tunggu oleh operator sekolah akhirnya di rilis pada akhir Juli 2016, tepatnya pada tanggal 30 Juli 2016. Sdra/i rekan Operator Sekolah kini sudah dapat mendownload aplikasi tersebut melalui laman resmi Pendataan Kemdikbud.
Sdra/i rekan operator silahkan kunjungi web dapodik di www.http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan dan silahkan dounload apliksainya di sana. 

mungkin saat ini, web tersebut sedang mengalami trouble/down karena tingginya trafic akses ke web tersebut, Jika terkendala mendownload dari web dapodikdasmen, anda dapat juga mendownload dari webblog kami ini. link downloadnya nanti akan kami berikan di akhir postingan ini.

Seperti telah di beritahukan sebelumnya bahwa aplikasi v 2016 ini adalah aplikasi all in one, maksudnya 1 aplikasi untuk semua jenjang dari SD hingga SMK. Selain itu aplikasi ini juga dapat di registrasi melalui 2 moda yaitu moda OFFLINE dan moda ONLINE. 

Apa yang menjadi perbedaan dari 2 moda registrasi ini?
  1. Pada Moda offline caranya tidak jauh berbeda dari versi sebelum-sebelumnya, untuk moda offline Operator sekolah wajib melakukan generate prefill terlebuh dahulu, selanjutnya prefill tersebut di download dan di letakkan pada drive C sama seperti sebelumnya.
    Untuk melakukan generate perfil di sediakan beberapa link berikut ini:
    http://118.98.166.61/prefill_dikdasmen/generate_prefill.php
    http://118.98.166.54/prefill_dikdasmen/generate_prefill.php
    http://118.98.166.68/prefill_dikdasmen/generate_prefill.php
    Setelah aplikasi terinstal dan prefill telah di download ke driv C. untuk proses registrasinya dilakukan tanpa koneksi internet. inilah yang dinamakan moda offline.
  2. Pada moda online operator tidak perlu melakukan generate prefil dan download prefil.
    Operator cukup mengisi semua form registrasi dengan lengkap dan pastikan komputer/laptop anda terkoneksi dengan internet. Semua data akan di masukkan ke Localhost aplikasi anda secara langsung oleh sistem. Proses ini membutuhkan waktu yang agak lama karena proses menarik data dari server dapodik ke localhost komputer anda membutuhkan waktu, semakin banyak data sekolah anda maka akan semakin lama proses registrasinya. Selama Proses Registrasi harus terkoneksi ke internet. Inilah yang di namakan moda online.
Berikuti ini kami berikan Tahap-tahap instalasi dan registrasi dapodik 2016

  1. Disarankan untuk menghapus aplikasi dapodik yang lama dari komputer anda. Namun jika anda sayang pada aplikasi lama dan ingin mempertahankannya di komputer anda, silahkan langsung mendownload aplikasi baru. Aplikasi baru tetap dapat di instal pada komputer anda meskipun aplikasi lama masi ada di sana karena database dan versinya berbeda dengan yang lama, tapi yamg direkomendasikan sebaiknya menghapus aplikasi lama.
  2. Langkah kedua download aplikasi dapodik v.2016  dari http://dapodikdasmen.data.kemdikbud.go.id/dapodik_2016.exe
  3. Simpan aplikasi tersebut pada komputer anda. Kami rekomendasikan menyimpannya di drive D, agar memori drive C anda lebih lempang untuk aplikasi.
  4. Instal aplikasi dapodik v.2016 dengan double klik pada file "dapodik2016.exe" 
  5. Tunggu hingga proses instalasinya selesai:
    Saat proses instalasi seselasi akan muncul layar registrasi secara otomatis seperti gbr berikut:
  6. Untuk saat ini kami jelaskan cara registrasi online. untuk cara offline tidak kami jelaskan karena caranya sama dengan cara sebelumnya. Langsung saja ke cara registrasi online.
    Pada tab Jenis registrasi* Pilih ONLINE, pada tab Kode Registrasi* silahkan isikan kode registrasi sekolah anda yang di gunakan pada versi sebelum ini. pada tab Jenjang* silahkan pilih sesuai sekolah anda. Pada tab username(email)* isikan username yang telah terdaftar di server dapodikdasmen yaitu username yang telah digunakan pada dapodik versi terakhir kemarin, jangan menggunakan username baru, sebab mengakibatkan gagal registrasi demikian juga pasword, gunakan pasword lama jangan pasword baru. selanjutnya konfirmasi pasword. terakhir klik tombol "Submit" lihat gbr:
  7. Tunggulah prosesnya hingga selesai jangan lupa sediakan kopi. Sembari menunggu proses registrasi, anda boleh ngopi dulu. Jangan membuka aplikasi lain pada komputer anda, biarkan komputer anda fokus menyelesaikan proses registrasi. Jangan kaget jika anda menunggu lama. Semakin banyak data sekolah anda maka semakin banyak pula waktu yang di butuhkan.
  8. Pastikan registrasi berhasil. Saat registrasi berhasil, layar komputer anda menampilkan nama sekolah dan nama anda sebagai operatornya. Seperti contoh sekolah saya berikut ini. Jika yang tampil bukan nama anda dan sekolah anda berarti, anda salah registrasi.....
  9. Klik tombol OK. dan akan muncul menu login seperti gbr berikut.



     silahkan isi username dan pasword anda. Selanjutnya login ke aplikasi. Lihatlah,....... pekerjaan mengunggu anda ...... selamat bekerja.

Jika anda terkendala mendownload aplikasi dari web dapodikdasmen, silahkan download dari web ini klik disini

Selamat bertugas rekan operator sekolah sekalian, demikian infonya semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar