Design by: Sanroenzos Tampubolon

CONTOH ANALISIS JABATAN GURU KELAS SD

Posting Komentar
FORM ANALISA JABATAN
A.
 Utama
Nama Jabatan
:
Guru kelas
Ikhtisar jabatan
( ringkasan dari Tupoksi )
:
Membuat RPP,Melaksanakan KBM, Menyelesaikan Administrasi Kelas
Uraian Jabatan
( beradasarkan tupoksi )
:
-       Menyusun kurikulum pembelajaran pada satuan pendidikan
-       Menyusun silabus pembelajaran
-       Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
-       Melaksanakan kegiatan pembelajaran
-       Menyusun alat ukur / soal sesuai mata pelajaran
-      Menilai dan mengevaluasi proses dan hasil belajar pada mata                     pelajaran di  kelasnya
-       Menganalisis hasil penilaian pembelajaran
-       melaksanakan pembelajaran/perbaikan dan pengayaan dengan
      
memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi
-       melaksanakan pengembangan diri
Tanggung Jawab
:
-     Kelancaran KBM di Kelas
-       Membentu Kelancaran dalam Pelaksanaan PSB
-       Kelancaran dalam penyelesaian Administrasi Kelas
-       Kelengkapan Bekas-berkas Inventaris Kelas
Wewenang
:
-       Menetapkan Pembagian Tugas Piket Kelas
-       Memberi penilaian Kinerja Siswa
-       Memberi Bimbingan pada Siswa
-        
Butir Informasi Lain
:
.............................
B.
Bahan Kerja
Bahan Kerja
:
Perundang-undangan, peraturan –peraturan dan kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah
Penggunaan Dalam Tugas
:
Sebagai dasar untuk melaksanakan tugas di Bidang Pendidikan dan untuk Memajukan Pendidikan Nasional

C.

Perangkat / Alat Kerja
Perangkat / Alat Kerja
:
Kurikulum, Silabus,RPP,Alat peraga, Buku Pelajaran
Digunakan untuk Tugas
:
Sebagai Pelaksanaan Tugas Guru kelas dalam Kegiatan Belajar Mengajar
D.
Hasil kerja
Hasil Kerja
:
-     Terlaksananya KBM yang baik
-     Terciptanya keharmonisan antar siswa di kelas
-     Menghasilkan Lulusan yang sesuai dengan VISI dan MISI sekolah
-     Terjaganya Kerjasama antara Guru dan Wali Murid dalam Memberikan
    
Bimbingan Belajar pada Peserta Didik

Satuan Hasil
:
Kelas yang Aman, Nyaman, Tentram dan Bersahaja
E.
Korelasi
Jabatan
:
Guru
Unit Kerja / Instansi
:
SD Negeri ………………….. / Dinas Pendidikan Kab. ………..
Dalam Hal
:
Koordinasi.


F.        Kondisi Lingkungan Kerja  ( diconteng yang sesuai )
           Tempat Kerja                         :     □√ Dalam Ruangan                                         □ Luar Ruangan
           Suhu                                     :     □√ Dingin                   □ Panas
           Udara                                   :     □√ Sejuk                    □ Kering
           Keadaan Ruangan                   :     □ Baik                          □√ Cukup                      □ Tidak Baik
           Letak                                    :     □√ Strategis              □ Tidak Strategis
           Penerangan                           :     □√ Terang                  □ Redup                        □ Gelap
           Suara                                    :     □√ Tenang                □ Bising
           Keadaan Tempat                    :     □√ Bersih & rapi      □ Tidak Teratur
           Getaran                                 :     □ Ada                          □√ Tidak Ada

G.
Resiko Bahaya
Fisik / Mental
:
Tidak ada
Penyebab
:
Tidak ada

H.       Syarat Jabatan
           •     Form Syarat Jabatan
                   Pangkat / Golongan       : Penata Muda, III/a
                   Pendidikan                    : S 1 PGSD
        Kursus / Diklat              
       Penjejangan                : □ Sepada                     
                                           □ Sepala/Adum/Diklat PIM Tk. IV  
Penjejangan                         □ Sepadya/Spama/Diklat PIM Tk. III  
                                           □ pamen/Sespa/Sespanas/Diklat PIM Tk. II
Penjejangan                         □ Sepati Diklat PIM Tk. I                         
                                           □√ Prajabatan
Penjejangan                         □ KRA/KSA Lemhanas
        Teknis                           : Diklat Penulisan Karya Ilmiah
        Pengalaman Kerja        .............................
        Pengetahuan Kerja      : .............................
        Keterampilan Kerja     : Mengajar dan Memberikan Bimbingan kepada Peserta Didik

        Bakat Kerja ( dicontreng yang sesuai )
ü
G,
Intelegensia
Kemampuan belajar secara umum.
ü
V,
Bakat Verbal
Kemampuan untuk memahami arti kata-kata dan penggunaannya secara tepat dan efektif.
ü
N,
Bakat Numerik
Kemampuan untuk melakukan operasi arithmatik secara tepat dan akurat.
S,
Bakat pandang ruang
Kemampuan berpikir secara visual mengenai bentuk-bentuk geometris, untuk memahami gambar-gambar dari benda-benda tiga dimensi.
ü
P,
Bakat perapan bentuk
Kemampuan menyerap perincian-perincian yang berkaitan dalam objek atau dalam gambar atau dalam bahan grafik.
ü
Q,
Bakat Ketelitian
Kemampuan menyerap perincian yang berkaitan dalam bahan verbal atau dalam tabel.
ü
K,
Koordinasi Motorik
Kemampuan untuk mengkoordinir mata dan tangan secara cepat dan cermat dalam membuat gerakan yang cepat.
ü
F,
Kecekatan Jari
Kemampuan menggerakkan jari-jemari dengan mudah dan perlu keterampilan.
ü
E,
Koordinasi Mata,Tangan,Kaki
Kemampuan menggerakkan tangan dan kaki secara koordinatif satu sama lain sesuai dengan rangsangan penglihatan.
ü
C,
Kemampuan membedakan warna
Kemampuan memadukan atau membedakan berbagai warna yang asli, yang gemerlapan.
ü
M,
Kecekatan Tangan
Kemampuan menggerakkan tangan dengan mudah dan penuh keterampilan.


     •    Temperamen Kerja
ü
D,
Directing – Control, Planning (DCP)
Kemampuan menyesuaikan diri menerima tanggung jawab untuk kegiatan memimpin, mengendalikan atau merencanakan.
ü
F,
Feeling – idea – Fact (FIF)
Kemampuan menyesuaikan diri dengan kegiatan yang mengandung penafsiran perasaan, gagasan atau fakta dari sudut pandangan pribadi.
ü
I,
Influencing (INFLU)
Kemampuan menyesuaikan diri untuk pekerjaan - pekerjaan mempengaruhi orang lain dalam pendapat, sikap atau pertimbangan mengenai gagasan.
ü
J,
Sensory & Judgmental Creteria (SJC)
Kemampuan menyesuaikan diri pada kegiatan perbuatan kesimpulan penilaian atau pembuatan peraturan berdasarkan kriteria rangsangan indera atau atas dasar pertimbangan pribadi.
M,
Measurable and Verifiable Creteria (MUC)
Kemampuan menyesuaikan diri dengan kegiatan pengambilan peraturan, pembuatan pertimbangan, atau pembuatan peraturan berdasarkan kriteria yang diukur atau yang dapat diuji.
ü
P,
Dealing With People (DEPL)
Kemampuan menyesuaikan diri dalam berhubungan dengan orang lain lebih dari hanya penerimaan dan pembuatan instruksi.
ü
R,
Repetitive and Continuous (REPCON)
Kemampuan menyesuaikan diri dalam kegiatan-kegiatan yang berulang, atau secara terus menerus melakukan kegiatan yang sama, sesuai dengan perangkat prosedur, urutan atau kecepatan yang tertentu.
S,
Performing  under stress (PUS)
Kemampuan menyesuaikan diri untuk bekerja dengan ketegangan jiwa jika berhadapan dengan keadaan darurat, kritis, tidak biasa atau bahaya, atau bekerja dengan kecepatan kerja dan perhatian terus menerus merupakan keseluruhan atau sebagian aspek pekerjaan.
ü
T,
Set Of Limits, Tolerance and other standart (STS)
Kemampuan menyesuaikan diri dengan situasi yang menghendaki pencapaian dengan tepat menurut perangkat batas, toleransi atau standar-standar tertentu.
V,
Variety and Changing Conditions (VARCH)
Kemampuan menyesuaikan diri untuk melaksanakan berbagai tugas, sering berganti dari tugas yang satu ke tugas yang lainnya yang "berbeda" sifatnya, tanpa kehilangan efisiensi atau ketenangan diri.


           •     Minat Kerja( dicontreng yang sesuai )
1a.
Pilihan melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan benda-benda dan obyek-obyek.
1b.
Pilihan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan komunikasi data.
2a.
Pilihan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan orang dalam niaga.
2b.
Pilihan melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat ilmiah dan teknik.
ü
3a.
Pilihan melakukan kegiatan-kegiatan rutin, konkrit & teratur.
3b.
Pilihan melakukan kegiatan yang bersifat abstrak dan kreatif.
ü
4a.
Pilihan melakukan kegiatan-kegiatan yang dianggap baik bagi orang lain.
4b.
Pilihan melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan mesin dan teknik.
5a.
Pilihan melakukan kegiatan yang menghasil-kan penghargaan dari pihak orang lain.
5b.
Pilihan melakukan kegiatan yang menghasil-kan kepuasan nyata dan dengan proses.


        Upaya Kerja( dicontreng yang sesuai )
ü
Berdiri
Berada di suatu tern pat dalam posisi tegak ditempat tanpa pindah ke tempat lain.
ü
Berjalan
Bergerak dengan jalan kaki.
ü
Duduk
Berada dalam suatu tempat dalam posisi duduk biasa.
Mengangkat
Menaikkan atau menurunkan benda di satu tingkat ke tingkat lain (termasuk menarik ke atas).
Membawa
Memindahkan benda, umumnya dengan menggunakan tang an, lengan atau bahu.
Mendorong
Menggunakan tenaga untuk memindahkan benda menjauhi badan.
Menarik
Menggunakan tenaga untuk memindahkan suatu benda ke arah badan (termasuk menyentak atau merenggut).
Memanjat
Naik atau turun tangga, tiang, lorong dan Iain-Iain dengan menggunakan kaki, tangan, dan kaki.
Menyimpan imbangan /
Mengatur imbangan
Agar tidak jatuh badan waktu berjalan, berdiri, membungkuk, atau beiiari di atas tempat yang agak sempit, licin dan tinggi tanpa alat pegangan, atau mengatur imbang­an pada waktu melakukan olah raga senam.
Menunduk
Melengkungkan tubuh dengan cara melekukkan tulang punggung dan kaki.
Berlutut
Melengkungkan paha kaki pada lutut dan berdiam di suatu tempat dengan tubuh diatas lutut.
Membungkuk
Melengkungkan tubuh dengan cara meleng­kungkan tulang punggung sampai kira-kira sejajar dengan pinggang.
Merangkak
Bergerak dengan menggunakan tangan dan lutut atau kaki dan tangan.
Menjangkau
Mengulurkan tangan dan lengan ke jurusan tertentu.
Memegang
Dengan satu atau dua tangan mengukur, menggenggam, memutar dan lain sebagainya.
Bekerja dengan jari
Memungut, menjepit, menekan dan lain sebagainya dengan menggunakan jari (berbeda dengan "memegang" yang terutama menggunakan seluruh bagian tangan).
Meraba
Menyentuh dengan jari atau telapak tangan untuk mengetahui sifat-sifat benda seperti, suhu, bentuk.
ü
Berbicara
Menyatakan atau bertukar pikiran secara lisan agar dapat dipahami.
ü
Mendengar
Menggunakan telinga untuk mengetahui adanya suara.
ü
Melihat
Usaha mengetahui dengan menggunakan mata.
Ketajaman jarak jauh
Kejelasan penglihatan dalam jarak lebih dari 5 meter.
ü
Ketajaman jarak dekat
Kejelasan penglihatan kejelasan dalam jarak kurang dari 5 meter.
Pengamatan secara
Mendalam
Penglihatan dalam 3 dimensi, untuk menetapkan hubungan antara jarak, ruang serta cara melihat benda dimana benda tersebut berada dan sebagaimana adanya.
Penyesuaian Lensa mata
Penyesuaian lensa mata untuk melihat suatu benda yang sangat penting bila melaksanakan pekerjaan yang perlu dengan melihat benda-benda dalam jarak dan arah yang berbeda.
ü
Melihat berbagai warna
Membedakan warna yang terdapat dalam pekerjaan.
Luas
Melihat suatu daerah pandang, ke atas dan ke bawah pandang atau ke kanan atau ke kiri sedang mata tetap berada di titik tertentu.

           •     Kondisi Fisik
Jenis kelamin                   :  ü Pria                   □ Wanita             □ Pria/Wanita
Umur (Tahun)                   34 Tahun
Tinggi Badan (cm)             165 cm
Berat Badan (kg)               : 60 kg.
Postur                              : ...........................

           •     Penampilan                        .............................

           •     Fungsi Jabatan                   

B0, Memasang Mesin
Menyesuaikan mesin untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu dengan mema­sang, mengubah komponen-komponennya atau memperbaiki mesin menurut standar.
B1, Mengerjakan persisi
Menggunakan anggota badan atau perkakas untuk mengerjakan, memindahkan, menga-rahkan atau menempatkan obyek secara tepat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dengan toleransi yang kecil.
B2, Menjalankan-mengontrol mesin
Menghidupkan, menyetel, mengatur kerja dan menghentikan mesin serta mengamati berbagai alat petunjuk pada mesin.
B3, Mengemudikan/menjalankan mesin
Menghidupkan, menghentikan, mengatur jalan mesin atau peralatan yang arahnya harus dikemudikan untuk memproses atau memindahkan benda atau orang. Dalam fungsi ini mesin sifatnya bergerak atau berjalan.
B4, Mengerjakan benda dengan tangan atau perkakas
Menggunakan anggota badan, seperangkat alat perkakas tangan atau alat-alat khusus untuk mengerjakan, menggerakkan, menga-rahkan atau menempatkan benda.
B5, Melayani mesin
Menghidupkan, menghentikan dan menga­mati kerja mesin beserta peralatannya.
B6, Memasukkan, mengeluarkan barang ke/dari mesin
Menyisipkan, memasukan, mencelupkan atau menempatkan bahan ke dalam atau memindahkan dari mesin, atau dari peralatan otomatis, atau yang dilayani, atau yang dioperasikan oleh karyawan- karyawan lainnya.
B7, Memegang
Menggunakan anggota badan, perkakas tangan atau alat khusus lain dalam mengerjakan, memindahkan atau membawa benda.
D0, Memadukan data
Menyatukan atau memadukan hasil analisis data untuk menemukan fakta menyusun karangan atau mengembangkan konsep, pengetahuan, interprestasi, menciptakan gagasan dengan menggunakan imajinasi.
D1, Mengkoordinasi data
Menentukan waktu, tempat atau urutan operasi yang akan dilaksanakan atau tindakan yang harus diambil berdasarkan hasil analisa data, melaksanakan ketentuan atau melaporkan kejadian dengan cara menghubung-hubungkan mencari kaitan sella membandingkan data setelah data tersebut dianalisa.
D2, Menganalisis data
Mempelajari, mengurangi, merinci dan menilai data untuk mendapatkan kejelasan, atau menyajikan tindakan alternatif.
D3, Menyusun data
Mengerjakan, Menghimpun atau mengelompokkan tentang data, orang atau benda.
D4, Menghitung data
Mengerjakan perhitungan aritmatika, (tambah, kurang, bagi mencacah tidak termasuk dalam
D5, Menyalin data
Menyalin, mencatat atau memindahkan data
D6, Membandingkan data
Mengidentifikasikan persamaan atau perbedaan sifat - sifat data, orang atau benda yang dapat diamati secara langsung, serta secara fisik, dan sedikit sekali memerlukan upaya mental.
ü
O0, Menasehati
Memberi bimbingan, saran, konsultasi atau nasehat kepada perorangan atau instansi dalam pemecahan masalah berdasarkan disiplin ilmu, spiritual, atau prinsip - prinsip keahlian lainnya.
ü
O1, Berunding
Menyelesaikan masalah tukar menukar dan beradu pendapat, argumen, gagasan, dengan pihak lain membuat keputusan.
ü
O2, Mengajar
Melatih orang lain dengan memberikan penjelasan, peragaan, bimbingan teknis, atau memberikan rekomendasi atas dasar disiplin yang bersifat teknis.
O3, Menyelia
Menentukan atau menafsirkan prosedur ker-ja, membagi tugas, menciptakan dan meme-lihara hubungan yang harmonis diantara bawahan dan meningkatkan efisiensi.
O4, Menghibur
Menghibur orang lain, biasanya menggu-nakan media panggung, film, televisi dan radio.
ü
O5, Mempengaruhi
Mempengaruhi orang lain untuk memperoleh keuntungan dalam benda, jasa atau pendapat.
ü
O6, Berbicara-memberi tanda
Berbicara atau memberi tanda kepada orang lain untuk meminta, memberi informasi atau untuk mendapatkan tanggapan atau reaksi yang sifatnya tidak konseptual.
O7, Melayani orang
Memenuhi kebutuhan atau permintaan orang lain atau hewan, baik yang dinyatakan atau yang tidak langsung dinyatakan tetap harus dilaksanakan menurut ketentuan. Fungsi ini diperlukan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk melaksana-kannya.
ü
O8, Menerima instruksi
Membantu melaksanakan kerja berdasarkan perintah atasan yang tidak memerlukan tanggapan.

I.       Prestasi
         Hasil Kerja                           : .............................
         Jumlah Satuan                     : .............................
         Waktu yang diperlukan          : .............................




………………………………………………………………………………………………………….. DST

Related Posts

Posting Komentar