Design by: Sanroenzos Tampubolon

APLIKASI PMP VERSI 1.2

Posting Komentar

Tugas Sebagai OPS seolah tak ada hentinya. Belum tuntas menyelesaikan pengiriman data dapodik untuk update data sekolah tahun ajaran 2016/2017 yang mana batas cut offnya 31 Agustus 2016, Kini Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia telah merilis aplikasi baru. Bersamaan dengan HUT RI ke 71 pada tgl 17 Agustus 2016 Sebuah aplikasi baru yang di kembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah meluncurkan Aplikasi baru yang di sebut Aplikasi PMP. Aplikasi PMP ini sendiri merupakan Singkatan dari Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan. Sesuai dengan namanya Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mengharapkan aplikasi ini nantinya menjaring data dari sekolah yang menggambarkan sejauh mana kualitas pendidikan telah berlangsung di seluruh tanah air. Melalui aplikasi ini akan dilakukan pengumpulan data dan informasi, dengan mengisi kuesioner yang sejatinya akan di isi oleh semua Guru, Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan perwakilan Siswa.

Meskipun secara teknis pengisian kuesioner ini melibatkan seluruh warga sekolah, namun pada prakteknya menurut hemat saya (admin) pekerjaan ini akhirnya kembali menjadi tugas OPS. Pendapat ini bukan tidak berdasar, Kenapa saya berpendapat demikian? 
Aplikasi PMP ini akan bekerja pada laptop yang telah terpasang aplikasi Dapodik v.2016a, Aplikasi ini nantinya akan membaca data yang ada pada Aplikasi dapodik sekolah. Guru, Siswa, Kepala sekolah yang akan mengisi kuesioner tersebut adalah yang sudah terdaftar pada aplikasi Dapodik sekolah. Jadi aplikasi ini akan terpasang pada Lapotopnya operator. Jika Aplikasi ini dipasang di laptop guru yang bukan sebagai operator, tentu aplikasi ini akan siasia sebab tidak ada data yang akan di bacanya disana. Oleh karena aplikasi ini terpasang pada laptopnya operator, mau tidak mau operator kembali direpotkan dengan bertambahnya tugas mengisi kuesioner yang tidak sedikit ini.

Baiklah rekan operator tak ada gunaya menunda waktu, toh pekerjaan ini juga jatuhnya ke tangan kita, ada baiknya kita mulai dari sekarang. Bagi rekan OPS yang belum mendapatkan installernya atau kesulitan mendapatkan installernya di web dapodikdasmen saya akan membantu saudara untuk mengunduh installernya dan juga panduan untuk menginstalasinya pada laptop saudara. Sebelumnya sekedar mengingatkan bahwa aplikasi PMP ini kompatibel pada aplikasi dapodik 2016.a jadi bagi yang belum mengupgrade dapodiknya dari v.2016 menjadi v.2016a, ayo.. segera upgrade. Caranya bisa di baca pada postingan saya sebelumnya: PEMBARUAN APLIKASI DAPODIK 2016

Baiklah supaya tidak bertele tele, simak penjelasan (langkah-langkah instalasi PMP v.1.2) berikut ini:
  1. Unduh Installer aplikasi PMP v.1.2 klik disini
  2. Simpan installer aplikasi pada drive D. Disarankan jangan menyimpan di drive C agar lempang untuk ruang aplikasi (program file)
  3. Buka folder tempat menyimpan file dan double klik pada file "pmp_1.2"
  4. Setelah muncul jendela instalasi klik lanjut perhatikan gbr berikut;
  5. Klik setuju dan kemudian klik lanjut perhatikan gbr berikut;
  6. Tunggulah proses instalasi sampai selesai;
  7. Saat instalasi selesai jika muncul jendela konfigurasi jaringan, klik allow acces. perhatikan gbr berikut:

  8. Setelah prosesnya selesai klik selesai maka jendela instalasi akan tertutup dan perhatikan Icon/ sortcut Aplikasi PMP muncul di desktop anda.

  9. Demikianlah informasi cara instal aplikasi PMP versi 1.2 semoga bermanfaat.

    Salam Satu Data


Related Posts

Posting Komentar