Design by: Sanroenzos Tampubolon

CARA MENGENTRI NILAI RAPORT PADA APLIKASI DAPODIK DENGAN SHARING SERVER

Posting Komentar

Salam satu data. rekan operator Sekolah Dimanapun anda berada. kali ini admin memposting suatu cara mengisi nilai raport ke dalam aplikasi Dapodik 2017. Pengisian nilai raport kedalam aplikasi dapodik adalah dengan login PTK. agar dapat mengisi nilai maka login yang digunakan adalah akun PTK. Pengisian dapat dilakukan bersama sama di sekolah sehingga proses pengerjaan dapat berlangsung dengan cepat.

Berikut kami uarikan caranya lengkap dengan gambar:
1. Syarat untuk bisa melakukan pengisian secara bersama sama, semua laptop/ computer harus tersambung ke internet pada satu jaringan yang sama; misal menggunakan wifi milik sekolah atau tersambung dengan LAN milik sekolah. jika tidak tersedia Wifi sekolah, boleh juga menggunakan hotspot dari HP android.
2. Semua laptop di aktifkan termasuk laptop operator  (Laptop yang terpasang app dapodik) dan opertor login ke aplikasi dapodik. Semua laptop di sambungkan ke jaringan internet yang sama, seperti dijelaskan pada no.1
3. Cek IP Adress Laptop Operator Dapodik dan di catat. Jika belum tahu cara cek IP adres baca disini.
4. Operator membagikan user dan password masing-masing PTK, caranya; operator login ke dapodik dan membuka tap GTK (Guru) > Klik nama Guru > Klik Penugasan > Buat/Ubah Akun PTK> isikan email dan pasword PTK > Simpan. Email dan pasword yang dibuat tersebut di berikan kepada Masing-masing Guru untuk digunakan login ke aplikasi dapodik. lihat gambar berikut; Ikuti Nomor sebagai urutan langkah langkahnya. Klik gambar jika kurang jelas.
5. Operator membagikan Akun PTK dan IP adress Laptop Operator.
6. Masing masing PTK membuka brwouser pada laptonya misal membuka mojilla fierfox atau google chrome.
7. pada borwser ptk di ketikkan IP Adress milik laptop operator dapodik dilanjutkan dengan :5774
Misal jika IP Adress Laptop Operator 192.168.102.10 maka pada borwser masing masung PTK diketik 192.168.102.10:5774  lihat gambar
Penjelasan:  192.168.102.10 adalah alamat untuk mengakses laptop operator dapodik. Kode berbeda untuk setiap laptop. Jadi jangan menggunakan kode ini karena ini adalah milik saya.
 5774  adalah kode akses (port) dapodikdasmen 2017.
8. Setelah Ptk Mengetikkan Kode seperti contoh gambar pada langkah no. 7 di adressbar browser, selanjutnya tekan tombol enter pada keyboard maka akan tampil halaman login dapodik seperti gambar berikut:

9. Masing-masing PTK mengisi username dan pasword yang dibagikan operator. dan klik tombol masuk. Maka akan terbuka halaman awal pengisian nilai seperti gambar:

Silahkan masing masing mengisi nilai. 


Catatan:
*Untuk mengisi nilai pada setiap semeseter guru yang terdaftar sebagai wali kelas pada semester tersebutlah yang bisa membuka akses pengisian nilainya.

*Jika di sekolah tidak tersedia akses internet maupun hotdpot HP android maka pengisian nilai dilakukan pada laptop operator dapodik dengan menggunakan login PTK secara bergantian.

Selamat bekerja buat bapak/ibu guru dan operator sekolah

Related Posts

Posting Komentar