Design by: Sanroenzos Tampubolon

CARA MUDAH ENTRI NILAI DAPODIK 2017c DENGAN EKSPORT-IMPORT EXCEL

Posting Komentar
Masih ingatkah sobat operator sekolah dengan fitur eksport-import pada aplikasi Dapodik?

Fitur Eksport-Import ini pernah digunakan pada awal penerapan Dapodik berbasis aplikasi yaitu Pada Aplikasi Dapodik Versi 1.0.0 sampai dengan Versi 1.0.3 Fitur Eksport-Import ini sangat membantu bagi operator sekolah terutama yang menangani sekolah besar. Fitur ini memungkinkan operator bekerja dengan menggunakan excel. Pada dapodik Versi 1.0.0 Fitur Eksport-Import Digunakan untuk Entri data siswa dan data PTK.
Prosedur kerjanya adalah sebagai berikut:
  • 1.      Operator mengeksport format dari aplikasi dapodik,  format yang dihasilkan dalam bentuk file excel
  • 2.      Operator mengisi semua data sesuai dengan tabel pada file excel, pengisian lebih mudah karena operator dapat mengcopy data dari database yang telah dimiliki sekolah sebelumnya ke dalam file excel. Setelah pengisian tuntas file di simpan di komputer.
  • 3.      Operator mengimport file excel ke dalam aplikasi dapodik dan menyimpan data di dalam aplikasi dapodik.

Dengan 3 langkah diatas maka pengerjaan entri data ke dalam dapodik dapat berlangsung dengan cepat apalagi dengan jumlah siswa sampai seribuan, jika di entri satu persatu kedalam aplikasi tentu akan memakan waktu yang lama, namun dengan fitur ini dapat di selesaikan dengan cepat.

Seiring dengan perkembangan aplikasi dapodik, fitur ekprot-import ditiadakan pada aplikasi dapodik generasi berikutnya. Sejak dirilis Dapodik Versi 2.0.0 pada tahun 2012 fitur eksport import di hapuskan dari aplikasi karena fitur ini memiliki kelemahan yaitu kemungkinan kesalahan pengetikan Data dan Format-format lainnya sangat sering terjadi pada saat entri dengan excel. Pada versi 2.0.0 sampai dengan sekarang fitur ini tidak lagi di temukan pada menu Data Peserta Didik dan Data PTK. Namun Pada Aplikasi Dapodik versi 2017c, Menu Eksport-Import kembali di munculkan secara terbatas hanya pada entri nilai, dan telah dilakukan perbaikan penggunaannya. Jika Pada dapodik versi awal (1.0.0) terjadi banyak kesalahan, tapi pada dapodik 2017c file excel hasil export telah dilakukan penguncian, sehingga kemungkinan perubahan format dapat diminimalisir. Cell yang terbuka hanya cell yang akan di sisi nilai raport dan KKM . Demikian sekilas reviw tentang fitur Ekxport-import di Dapdik. Sekarang kita masuk ke pokok permasalahan yaitu; Bagaimana Cara menggunakan Fitur Eksport-import untuk mempermudah dan mempercepat pengisian nilai raport di dapodik 2017c;

Pastikan bahwa anda telah mengudate/mengupgrade dapodik ke versi 2017c jika belum silahkan di update dulu baru kita lanjutkan, jika sudah barulah kita lanjut ceritanya
Perhatikan Semua entitas rombel telah lengkap meliputi anggota rombel dan mata pelajaran telah semua terisi pada tab Pembelajaran. Cek pada setiap semester mulai dari Tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil hingga Tahun Pelajaran 2016/2017 semester genap. Setelah semua terpenuhi barulah kita muali mengentri nilai Raport ke aplikasi dapodik.

1.   Buka Tab Nilai dan pilih nilai Raport sehingga akan menampilkan halaman pengisian nilai. Setelah halaman pengisian nilai terbuka pilih semester dan pilih kelas (rombel) yang akan diisi nilainya.  Tunggu sebentar hingga aplikasi memuat daftar mata pelajaran yang akan di isi nilainya.

2.    Klik dua kali pada mata pelajaran yang akan di isi (pilih salah satu) lihat contoh pada gambar berikut;
Pada gambar diatas saya mengambil mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Setelah saya klik dua kali pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan maka di sebelah kanan akan di tampilkan daftar Peserta didik yang ada pada rombel tersebut.
Perhatikan dibagian atas daftar nama peserta didik ada beberapa tombol mulai dari tombol tanda Tanya, Form pencarian peserta didik, eksport-import, Unduh rekapitulasi dll. Tombol yang akan kita gunakan adalah eksport-import. Arahkan kursor pada tombol eksport-import hingga muncul dropdown seperti saya tandai dengan kotak merah pada gambar diatas, lalu klik tombol Unduh format Excel untuk import. (ditandai dengan kotak merah pada gambar)

3.    Aplikasi akan menghasilkan format excel dan akan di unduh dari aplikasi. Silahkan buka file tersebut (seperti contoh pada gambar berikut)
Gambar diatas saya menggunakan browser Google Chrome, mungkin tampilan hasil download akan berbeda pada browser lain.

4.     Setelah file terbuka, lengkapi nilai KKM dan nilai raport hingga tuntas perhatikan kedua gambar berikut:  
 
        Isi nilai kkm dan raport pada cel yang tersedia. Jangan melakukan perubahan pada data lainnya. Setelah semua nilai terisi, simpan file tersebut kedalam folder tertentu yang mudah anda ingat dan tutup jendela excel. ***Anda wajib mengingat folder tempat penyimpanannya.

5.    Sekarang kembali ke aplikasi dapodik dan klik kembali tombol eksport-import hingga muncul dropdown list seperti tadi, sekarang pilih tombol Import dari excel (perhatikan gambar berikut:
 

6.       Akan terbuka jendela pencarian file excel yang akan di ambil datanya (lihat gbr)

7.     Klik pilih excel (seperti di tunjukkan pada gambar diatas) maka akan diarahkan ke pencarian data, silahkan arahkan pencarian menuju folder yang anda gunakan menyimpan file excel yang anda kerjakan pada langkah 4 tadi. Sebagai contoh saya tampilkan gambar berikut;
        Setelah filenya di temukan silahkan pilih file dan kemudian klik tombol open, atau kilk   dua kali pada file excel yang berisi data nilai.

8.       Setelah langkah 7 dilakukan aplikasi dapodik akan mengkonfirmasi pengambilan data seperti ditampilkan pada gambar berikut;
           Jika anda sudah yakin data yang terpilih sudah tepat maka klik tombol import seperti di tunjukkan pada gambar diatas.

9.       Aplikasi akan mengambil data dari excel dan mengisi ke dalam aplikasi dapodik. Tunggu prosesnya berjalan hingga selesai dan aplikasi menyatakan berhasil seperti gambar berikut:
          Setelah pengambilan data berhasil seperti gambar diatas, selanjutnya klik tombol OK dan perhatikan perubahan yang terjadi pada halaman nilai dapodik anda.

Sembilan langkah diatas dilakukan untuk mengisi nilai pada satu mata pelajaran pada satu rombel dan satu semester. Untuk mata pelajaran lainnya silahkan dilakukan langkah yang sama, dan ingat format tidak boleh digunakan berulang, artinya 1 file excel hanya untuk satu kali import nilai. Jika ingin mengimport nilai mapel lainnya wajib mengeksport dulu dari mapel tersebut.

Fitur ini dapat digunakan oleh PTK maupun Operator Sekolah. Maksudnya login dengan akun operator sekolah dan juga login dengan akun PTK dapat menggunakan fitur ini.

 Demikian Petunjuk mengisi nilai ke dapodik 2017c dengan fitur eksport-import, semoga bermanfaat

Jika berminat mendownload petunjuk ini klik disini (file pdf)

Related Posts

Posting Komentar